Ubi Madu Cilembu Semakin Menjamur

Mungkin memang pemberian dari Tuhan sehingga ubi yang ditanam di tanah Cilembu, Sumedang, menjadi manis seperti madu. Banyak orang yang mencoba menanamnya di luar Cilembu, ternyata hasilnya jauh berbeda dengan ubi Cilembu asli. Para ahli berpendapat bahwa perbedaan ini dikarenakan perbedaan unsur hara di tiap daerah. Cilembu mempunyai kandungan hara yang khas, tidak dimiliki daerah lain.

Saat ini sudah banyak orang yang berjualan ubi Cilembu di sepanjang jalan raya Puncak. ”Padahal waktu itu, sekitar lima tahun yang lalu, belum ada satupun yang berjualan di daerah puncak. Saya yang pertama berjualan di sini,” aku Anto, seorang pedagang ubi Cilembu.

Sebagian ubi yang dia beli langsung dibersihkan lalu dioven selama sekitar dua jam agar siap makan, sebagian lagi dipajang di depan kios. Semakin lama ubi ini didiamkan maka akan semakin manis rasanya. Ubi siap makan dijual dengan harga Rp14.000/kg sedangkan yang belum siap makan dijual Rp8.000/kg. Pembelian minimal sebanyak setengah kilogram. Ia mengaku dapat menjual sampai 5 kuintal dalam 1 minggu. Omzetnya tiap bulan sekitar 20juta. Mungkin nilai menggiurkan ini yang membuat jumlah pedagang ubi Cilembu semakin menjamur. Namun, minyak tanah yang sulit didapat menjadi kendala bagi para penjual ubi Cilembu. Usaha mereka masih sangat bergantung dari minyak tanah untuk memanaskan oven.

Setiap minggu, Anto mendapat supply ubi langsung dari Cilembu. Suppliernya tidak hanya mendistribusikan ubi Cilembu ke daerah puncak dan cikampek saja, tapi sudah banyak juga yang diekspor ke Malaysia dan Cina.

About these ads

23 Comments (+add yours?)

  1. Kebon jahe
    Dec 07, 2009 @ 18:04:08

    wih? 5 taun yang lalu belum ada yang jualan ubi cilembu di situ? cepet banget yah perkembangannya.
    hehehe

    Reply

  2. nonadita
    Dec 08, 2009 @ 09:34:24

    APAAAAH??!! 20 JETIII??!!

    *banting setir jadi tukang ubi*

    Reply

  3. Anggi
    Dec 09, 2009 @ 12:14:46

    Emang ga kena program konversi minyak tanah ke LPG ya? ato memang karna usaha ini berada di pinggir jalan puncak sehingga tidak terdata dalam program konversi tersebut? ato memang membakar ubi2 ini lebih enak pake minyak tanah kali ya?! *kebanyakan nanya* :D

    Wah wah…ubi aja udah bisa diekspor sekarang, hebat ueeyyy…

    Reply

  4. Iqbal
    Dec 11, 2009 @ 07:00:43

    @dita: 20 juta itu omzet bu…

    @anggi: gas itu mahal buat mereka, jd tetep minyak tanah deh

    Reply

  5. Luthfi
    Dec 15, 2009 @ 12:59:22

    sabtu kemarin beli
    yang jual pake gas … tawar menawar, dapetnya 10 rb/kg
    lokasi yang jual : depan wisma mulyasari tni AU cisarua

    Reply

  6. Iksa
    Dec 17, 2009 @ 11:48:50

    Gas: dari bicara dengan para penjual makanan keliling di jakarta yang sudah memakai gas melon rata-rata bilang jauh lebih irit daripada saat pakai minyak .. itupun sudah dipakai untuk penerangan sekaligus..

    Rasanya sudah cukup lama ada ubi cilembu itu … belasan tahun sih ada

    Reply

  7. gita
    Jan 25, 2010 @ 11:24:05

    Banyak orang yang mencoba menanamnya di luar Cilembu,,
    kalo di daerah bogor,, dimana ya petani yg udah nyoba nanam ubi cilembu??
    boleh tau,, buat bahan penelitian,,

    Reply

  8. Iqbal
    Jan 30, 2010 @ 17:20:38

    maaf, gak tau…=(

    Reply

  9. Kim Domin
    Jun 29, 2010 @ 21:35:16

    Saya orang Korea yang tinggal di Salatiga Jawa tengah.
    Saya suka ubi bakar sekali.
    Minta membeli tahu cara ubi madu seluruh kantor pos.

    Reply

    • waluyo prasetyanto
      Apr 15, 2012 @ 10:04:03

      mr. Kim Domin yg terormat, sy penjual ubi madu cilembu asli disalatiga juga, ada warung kami di daerah blotongan, tegalrejo raya dan disebelah terminal tingkir. kalo mr. Kim Domin kebetulan lewat, silahkan mampir, saat ini harganya Rp.14.000,-/kg utk yg kuning/madu, yg ungu rp.18.000,-/kg semua sdh matang/ di oven, ada juga criping/keripik/chips dari ubi madu, bila sedang musim kami juga punya talas keju/rasa asli juga kimpul balado/rasa asli. monggo silahkan mampir

      Reply

  10. Che Zawiah Che Haron
    Oct 19, 2010 @ 08:14:35

    saya dari Brunei. Bolehkah kamu exportkan ke Brunei. tolong tanyakan exporter berapa kos pengantaran ke Brunei? Saya sedia membeli dan distribusi di seluruh Brunei. no tel saya +673-8778565. boleh call atau sms saja.

    Reply

  11. Che Zawiah Che Haron
    Oct 19, 2010 @ 08:22:40

    Mau cuba import ke Brunei mulanya 100kg dulu untuk mengetahui cara import, cara dapatkan dokumen import export, endorsement nya bagaimana caranya, perlu ada sijil apa…. bagaimana menjualnya, siapa ejennya, siapa pembelinya. Apa ada untungkah…. kos penghantarannya mahal atau murah. kalau semua sudah ok, boleh import lagi banyak 1000kg. kalau ok, cepat habis ubinya, import lagi, 2000kg…

    Reply

    • charrys duha
      Jan 17, 2011 @ 20:46:09

      berapa harga satu kil

      Reply

    • Firman
      Nov 16, 2011 @ 09:41:42

      Hello,

      Kami dari jawa barat, setiap minggu hingga sekarang kami sudah sering ekspor ubi cilembu ke malaysia dalam 1 x 20 ft container dengan kondisi “one open door” agar tidak terjadi kelembaban terhadap ubi selama perjalana ke malaysia.

      Jika berminat kita bisa bekerjasama untuk ekspor ubi cilembu ke brunei atau malaysia.

      Harga USD 15 / Carton @ 10 kilos.
      Harga tersebut sudah termasuk biaya pengiriman sampai pelabuhan brunei atau malaysia dan juga sudah termasuk pengurusan semua dokumen yang berhubungan dengan ekspor ubi tersebut.

      Jika berminat hubungi kami :
      PT. GAP Indonesia
      Attn : Firman
      Email : laode.firman@gmail.com
      Hp : +6285311740321

      Reply

      • gusti parwata
        Feb 18, 2012 @ 08:11:33

        mas firman.aku dari bali pingin bisnis ubi kirakira berapa harganya dan berapa kilo minimalnya saya bisa pesen thx

  12. sari
    Jan 18, 2011 @ 11:18:56

    kalo di tanem di luar cilembu katanya rasanya beda ya boz

    Reply

  13. nani
    Nov 21, 2011 @ 15:48:41

    :: Mau tau donk yang jualan ubi cilembu daerah jakarta timur dimana ya ? soalnya saya lagi ngidam nih , pengen bgt ubi madu.

    Reply

  14. cilembusumedang
    Jan 03, 2012 @ 12:12:02

    Mau Buka Ubi Cilembu
    Hubungi 081392273257 atau 085729000740

    Reply

    • gusti parwata
      Feb 18, 2012 @ 08:08:59

      bos gimana caranya aku mau bisnis ubi dimana saya bisa dapatkan saya dari bali berapa harga dan berapa minimal bisa beli thx

      Reply

      • dadaliexpres
        Sep 20, 2012 @ 00:10:35

        pak gusti bisa kami kirim langsung dari cilembu sumedang, kalo mau pesen call aja ke 081322405019

  15. Amrullah syahuda
    Feb 22, 2012 @ 22:07:54

    P Firman apa yang harus saya perbuat saya ingin bertani Ubi madu cilembu punya lahan kira-kira dua hektar tadah hujan di bangkalan Madura kondisi tanah sangat gembur dan berwarna agak merah apakah cocok ? sebelumnya terima kasih infonya / saran

    Reply

  16. Wawan Suwandi
    Dec 09, 2013 @ 10:11:57

    Hallo, Saudaraku Saya wawan suwandi keluarga peteni ubi madu cilembu saat ini sedang panen raya, dan selalu ada setiap saat dan bisa panen kurang lebih tiga ton per minggu, barangkali saudaraku ada yang bisa memasarkan saya siap mengadakannya secara rutin.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: