Rp 200/6″

Bukan…bukan tarif nelfon provider baru…Tapi itu jumlah yg didapet DLLAJ dari retribusi terminal di Baranang Siang (BS)…200 perak tiap 6 detik…

Daripada bengong2 ngeliatin orang2 yg seliweran di terminal, mending gw ngitingin orang yg masuk terminal (sebetulnya dua duanya gak penting sih, hehe)…jadi, setahun belakangan ini semua orang yg masuk terminal BS ditarikin 200 perak, padahal dulu (4 tahun y.l.) waktu gw nginjek Bogor pertama kalinya gak ada tuh retribusi gini…entah maksudnya apa, masih belum tauk…ada yg tauk??

Mungkin awalnya lo berpikir sama kyk gw: buat Negara, buat pembangunan, or…buat benerin jalan…Tapi coba lo ikutin itung2an gw…Angka 200 perak tiap 6 detik gw dapet dari pengamatan langsung…tiap naik bis gw selalu cari posisi yg bisa ngeliat aktivitas orang2 DLLAJ yg narikin retribusi itu, gw nyalain stopwatch HP terus mulai ngitung berapa orang yg nyetor retribusi…pengamatan kecil2an ini berlangsung sampe bis jalan or sampe gw ngantuk, biasanya sampe belasan menit…trus, hasilnya tinggal dibagi deh, jumlah orang yg masuk (@bayar 200) dibagi waktu…nahh, dari beberapa kali pngamatan, diambil rata2, dapetlah angka 200 per 6 detik…

Sabtu-minggu mereka tetep nagih, kalo diitung mereka narikin 10 jam sehari, income per bulan: 36juta…Tapiiii…gak semua orang yg bayar 200 itu minta karcis retribusi, pengamatan gw, kurang dari setengahnya yg minta karcis, kalo gak minta gak akan dikasih…asumsi gw, yg disetor ke bosnya ya sejumlah karcis yg abis aja…so, setoran ke bos tinggal 18juta…

Trus, orang2 DLLAJ yg ngejagain loket + yg ngejagain orang2 biar masuk loket totalnya ada 10 orang…kalo masing2 gajinya 1,5juta, uda abis 15juta…tinggal 3juta dehh…

Sungguh tidak efisien, 10 orang cuma ngasilin 3juta sebulan…(IQB)

Leave a Reply

