Ekspansi Trans Pakuan

Halte Trans Pakuan di Pajajaran menuju Ciawi sudah rampung

Halte Trans Pakuan di Pajajaran menuju Ciawi sudah rampung

Trans Pakuan selalu seru untuk dibahas. Saya sebagai konsumen tentunya senang dengan adanya kotak abu-abu berbahan jelantah ini. Tapi bagaimana dengan pesaingnya? Angkutan yang rutenya sama dengan kotak ini? Tanpa ditanyakan pun, saya sudah tahu tanggapannya pasti negatif. Untuk memastikan, saya tanya ke supir angkot 03 tentang keberadaan kotak tersebut. Memang negative.

Satu waktu saya ke ciawi naik angkot 01. Sang supir saya ajak ngobrol tentang transpakuan yang katanya mau ekspansi jalur, persis sama dengan jalur 01, baranang siang-ciawi. Lagi-lagi muka cemberut yang keluar.

Keputusan memang harus diambil. Mungkin Pemkot Bogor menggebu-gebu dalam membangun trans pakuan dalam rangka memperkecil kemacetan dan menghilangkan cap kota sejuta angkot. Itu bagus menurut saya. Ada lagi yang didapat selain dua hal di atas. Ekonomi biaya tinggi akan berkurang. Karena tidak ada calo yang mengutip “uang keamanan” kepada supir transpakuan baik di pool maupun di sepanjang perjalanannya.

Sampai sekarang, sudah dibangun dengan rapi beberapa halte sepanjang jalur yang akan dibuka itu. Halte utamanya, di Br.Siang, juga sudah hampir rampung diperluas. Kata beberapa supir, jalur baru ini akan diaktifkan awal januari 2009. Semoga lancar (ini doa dari saya, bukan supir 01).

10 Comments (+add yours?)

  1. Kebon jahe
    Dec 23, 2008 @ 11:15:55

    Moda transportasi yang cocok untuk Bogor emang bus-bus tanggung begini.

    Kalo dibilang Bogor kebanyakan angkot sebenernya gak 100% bener. Kalo lagi peak hour, tuh angkot bener-bener penuh semua.

    Untuk tipe jumlah penumpang yang fluktuasinya gede begini yang diperluin untuk efisiensi emang angkutan dengan kapasitas besar.

    Tinggal kurangin jumlah angkot yang seliweran aja deh sekarang. Cuma masalahnya.. Tuh sopir-sopir angkot mau diberdayain di mana ya..

    Reply

  2. anKa
    Dec 23, 2008 @ 15:16:20

    pernah ku tanya supir 01 jwbnya gini dengan enteng… saya sih gak terlalu kepikiran kalo ada trans pakuan… karena saya bisa narik di jalur lain… yang kasihan itu yang punya angkot jurusan 01
    Kalo misal angkotnya mau dijual… dah pasti harganya jatuh banget… karena dah tercium baunya kenapa tuh mobil dijual…

    sempet berbicara juga ama supir trayek cisarua – cicurug ama cibedug katanya kalo ada isu jalur mereka bakal di pangkas yang tadinya sampe Sukasari ini hanya sampe ciawi ajah… dengan entengnya “emank pemerintah mau bayar ganti rugi uang untuk pemangkasan jalur” setelah saya pikir trayek cisaru itu harganya 3 tahun yg lalu 60jt nah trayek ciawi itu 20jt, then kalo emank mau bayar ganti rugi atas pemangkasan jalur… mau gak tuh pemerintah bayar per angkot 20jt or 10jt sedangkan angkot cisarua ajah dah hampir 2000an gimana cicurug dan cibedug…

    so… dah tau donk… yang ada di pikiran bapak2 yang duduk di gedung sana… yang penting kota bogor kelihatan lebih maju….

    Reply

  3. sagoeleuser5
    Dec 23, 2008 @ 17:13:37

    @kebon jahe: gimana kalo kita gak usah ngurangin jumlah angkot yg seliweran? gimana klo kita tingkatin aja penggunaan transportasi umum dan kurangin make kendaraan pribadi? mungkin bs dipaksain dgn 3 in 1 kyk di jkt… kan sekaligus bikin lapangan kerja baru tuh buat joki, hihiii…

    @anka: ya sebetulnya kita gak bs nge-judge pikiran bapak2 itu jg sih, kan gak cuma bogor yg keliatan maju yg didapat dr transpak ini, selaku konsumen, sy ngerasa transpak nyaman, berdiripun nyaman…
    artinya, bapak2 itu jg mikirin bogor untuk ke depannya…
    emang angkot cisarua sampe 2000an? aji gile…

    Reply

  4. ikhsan
    Jan 02, 2009 @ 22:38:44

    sayang armadanya cuma dikit
    masih kalah sama angkot

    Reply

  5. chielicious
    Jan 07, 2009 @ 09:16:55

    Kenapa gak dari dulu cobak ya dibikin angkutan yg berkapasitas besar kayak transpak gini..*sigh*

    yg bikin heran adalah..kenapa pertumbuhan angkot itu bisa ampe segitu banyaknya..emang pantes koq klo bogor dibilang kota sejuta angkot..meskipun gw gak ngitung juga angkot nya ada berapa biji😛 cuma ya berlebihan aja sieh..efeknya jalanan macet..orang2 lebih milih naik mobil pribadi karena lebih nyaman..naik motor karena bisa nyalib..kan macet!..angkot gak berkurang..jalanan jadi tambah macet deh.. xD

    Reply

  6. pandu allensky
    Feb 03, 2009 @ 17:32:35

    kk makasih nih ada postingan ini mayan buat nambah2 skripsi ku

    Reply

  7. yushi
    Feb 24, 2009 @ 19:34:48

    aduh maksih nih dapet info juga, boleh ga aku minta
    peta koridor I dan II. aku butuh buat thesis aku, kalo ada ya kaka
    makasih

    Reply

  8. heldi
    Apr 12, 2009 @ 02:32:35

    oh… koridor II sudah berjalan yah… kurang gaul nih kita🙂 kita… gua aja kali…🙂
    trism infonya…
    salam

    Reply

  9. Tomy
    Jun 19, 2015 @ 04:06:20

    Kata siapa mengganti angkot di kota bogor untuk menggurangi kemacetan ? Belum tentu juga setelah pemkot bogor setelah mengganti angkot menjadi trans pakuan bogor macetnya akan hilang.. Dengan trans pakuan malah banyak copet berkeliaran seperti di jakarta..

    Reply

  10. Tomy
    Jun 19, 2015 @ 04:09:04

    Bagaimana dengan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor yang bikin macet selama ini? Apakah yang selalu di salahkan angkot sehingga menjadi kemacetan kota bogor? Bagaimana pemkot bogor ini ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: