penyelewengan sungai 3: komunitas peduli ciliwung

ada satu komunitas yang peduli dengan nasib ciliwung. bosan dengan diskusi yang tak kunjung selesai mengenai bagaimana mengatasi ciliwung yang kotor, akhirnya sekumpulan orang ini berinisiatif melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar berkata-kata. mereka turun langsung ke ciliwung, memulung.

yah, mereka memulung sampah yang ada di ciliwung dan bantarannya. kegiatan ini rutin dilakukan sekali dalam sepekan. kelompok yang menamakan komunitas peduli ciliwung ini sudah melakukan aksi ini semenjak maret 2009. kegiatannya sederhana saja, mereka mengumpulkan sampah-sampah yang ada, dimasukkan ke dalam karung-karung, kemudian diangkut dengan mobil bak terbuka untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah yang sebenarnya.

saya sendiri sempat ikut memulung di belakang mall jambu dua pada medio april lalu. ternyata tantangannya berat juga. mulai dari rasa jijik sampai bau yang menyengat dipastikan akan menemani prosesi pemulungan. sampah yang dikumpulkan sangat beragam, mulai dari plastik pembungkus makanan sampai bangkai binatang.

iseng saya bertanya pada salah satu relawan yang ikut memulung, “apakah cara ini efektif?” terus terang saya merasa sia-sia saja memulung, karena sampah yang berserakan di bantarannya saja jika diangkut semua pasti lebih dari satu truk sampah besar. ternyata sebenarnya tujuan utama aksi ini memang bukan untuk membersihkan sungai dengan cara singkat, namun untuk menumbuhkan rasa malu kepada warga bantaran sungai untuk membuang sampah ke sungai sementara ada orang entah dari mana rela berjibaku memungut sampah di sungai.

dalam satu hari, biasanya dari pagi sampai siang, bisa terkumpul belasan karung sampah. relawan yang terjun tiap pekannya pun tidak tentu. mulai dari kelompok pecinta alam regina pacis sampai karyawan van melle pernah tercatat berpartisipasi di dalam aksi ini. ada juga relawan perorangan, seperti saya ketika itu.

tertarik untuk berpartisipasi? coba tengok jurnal kegiatan di blog komunitas peduli ciliwung. di sana anda dapat menemukan jadwal kegiatan mulung mereka dan contact person yang dapat dihubungi.

gambar diambil dari http://farm4.static.flickr.com/3430/3369409863_1497642413.jpg

foto diambil dari http://www.flickr.com/photos/37293495@N03/3436995659/in/pool-tjiliwoeng_dreams

10 Comments (+add yours?)

  1. nonadita
    Dec 07, 2009 @ 08:04:04

    Waaw.. Rae, emh.. hebat. Gw blum sanggup ikutan, membayangkan “aromanya”.
    *glek*

    Reply

  2. numpang liwat
    Dec 07, 2009 @ 08:06:10

    hehehe..bukannya malu ntar warga bantaran malah keasikan buang sampah lagi. pikir nya “buang aja terus di kali,, kan ntar seminggu sekali juga ada yang mungutin..”. *aduh..negative thinking sekali kamu nak..*
    neways, two thumbs up for the move. *melihat diri sendiri yang belum melakukan apa2 selain buang sampah pada tempatnya*

    Reply

  3. Iqbal
    Dec 07, 2009 @ 16:25:37

    menarik banget nih…

    Reply

  4. Anggi
    Dec 09, 2009 @ 12:08:43

    Kebetulan di depan kantor saya Jl. HR Rasuna Said, ada sungai kecil yang warnanya cukup mengejutkan, setiap pagi ada petugas kebersihan yang bertugas memulungi sampah2 di sungai tersebut. Cukup memprihatinkan memang melihat kenyataan tersebut. Dapat dibayangkan, memulung sampah di sungai bogor saja sudah sebegitu baunya, apalagi yg di jakarta. Semoga peran komunitas peduli ciliwung ini dapat membantu mengurangi beban petugas kebersihan di jakarta sini.

    Sebetulnya di dekat kantor saya juga ada semacam sistem pintu air yang dapat mengeruk sampah2, tapi sepertinya tidak berjalan dengan baik.

    Reply

  5. Kebon jahe
    Dec 11, 2009 @ 10:38:07

    gue cuman sekali ikutan!

    gak ada kendaraan, malu pulangnya naek angkot, satu mobil kebauan.

    sumpah, baunya itu lengket banget!

    Reply

  6. Iksa
    Dec 17, 2009 @ 11:45:00

    Usaha yang bagus sekali disaat sudah sulit mengedukasi untuk tidak buang sampah sembarangan … semoga banyak yang mendukung

    Reply

  7. Moes Jum
    Dec 22, 2009 @ 19:56:15

    Alhamdulillah orang2 Bogor yang merasa kebauan/jijik pada Ciliwung sudah semakin banyak. Semoga ini berujung pada kesadaran warga Bogor. Terima kasih, matur nuwun, dan hatur nuhun sama yang sudah posting di Bogor Watch …

    Salam Ciliwung Ruksak Hirup Balangsak

    Reply

  8. Hatt
    Dec 28, 2009 @ 14:14:59

    Ah… karyawan vanmelle ya?
    kok gw ga pernah denger temen2 di kantor pada bersihin ciliwung nih?

    Reply

  9. takoer
    Mar 19, 2010 @ 16:32:45

    saya dari jakarta sengaja bersama istri (dari sebelum menikah sampai skarang istriku akan melahirkan) selalu berusaha untuk ikut turun di kegiatan ini.. mudah2an semuanya berujung pada ciliwung yang bersih dan segar.. dan kembali ke funsi awalnya sebagai sungai yang memenuhi kebutuhan hidup orang banyak buakan tempat pembuangan sampah. Dan kami ga pernah malu kalau pulang mulung dari bogor naik kereta (ac or ekonomi) pulang ke jakarta… kita senang dn ikhlas,,

    di tunggu kedatangannya teman2..!

    ini liputannya ada disini.. http://takoer.multiply.com/photos/album/99/BERSIH_BERSIH_CILIWUNG_BOGOR

    mari.. kita sama2 peduli.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: