Pustaka Tak Menarik ?

Bangunan lumayan megah berdiri kokoh di samping SMA 1 Bogor, Pustaka namanya. Di dalamnya banyak koleksi buku-buku khususnya di bidang pertanian. Sepertinya memang garis koordinasinya berpangkal pada Departemen Pertanian.

Akhir 2009 kemarin, saya masuk ke dalamnya. Gedungnya bersih, rapi. Ruangannya nyaman dengan pencahayaan yang baik sekali. Katalog online langsung menyapa di depan ruangan. Mencari buku kian mudahnya. Setelah mencatat beberapa hal seperti kode buku, pengarang, dan judul, catatan diserahkan ke petugas untuk kemudian dicarikan. Tidak lama kemudian buku datang.

Ketika itu, saya mencari semua informasi yang berbau komoditas teh. Ada sekitar 10 buku yang cukup menarik. Ketika sedang mendalami semua bacaan itu, petugas menghampiri saya, memberikan buku tentang teh yang ditemukannya, lagi, dan lagi. Baru kali ini saya mendapat petugas perpus yang benar-benar proaktif melayani pengunjungnya.

Pustaka juga menjual jurnal-jurnal dari bermacam sumber, sebut saja yang terkenal science direct. Intinya, perpustakaan ini cukup tepat dikatakan sebagai sumber informasi.

Namun, satu hal aneh. Perpustakaan sepi. Saya satu-satunya pengunjung hari itu. Berjam-jam saya di dalam perpustakaan, Cuma satu rombongan pengunjung yang datang. Mereka memakai rok merah, siswa SD ternyata. Namun mereka melintasi ruang perpus begitu saja, menuju sebuah ruangan lagi di dalam. Ada warnet rupanya di dalam.

Ada apa ya? Kenapa warga Bogor enggan untuk berkunjung? Padahal pelayanan manis sekali, buku-buku tentang pertanian juga lumayan banyak. Apa karena subjek pertanian dirasa terlalu menjemukan?

10 Comments (+add yours?)

  1. Aria Turns
    Jan 14, 2010 @ 06:36:19

    Huahaha…gw yang alumi smansa bogor, baru tau kalo itu perpustakaan…

    Reply

  2. Iqbal
    Jan 14, 2010 @ 07:24:31

    nah kan… nah kan…

    Reply

  3. nonadita
    Jan 14, 2010 @ 14:44:33

    Perpustakaan umum milik Departemen Pertanian? Gedungnya yang mana sih, Bal? Screenshoot plis..

    Reply

  4. Iqbal
    Jan 14, 2010 @ 22:15:24

    pengennya sih motret tp gak ada kamera yg bs gw pake dit… itu loh sebelah kanannya smansa, gw lupa sebelah persis apa sebelahnya lg…

    Reply

  5. Aria Turns
    Jan 14, 2010 @ 23:27:55

    @Nonadita
    persis sebelah gang selot

    Reply

  6. Iqbal
    Jan 15, 2010 @ 09:38:37

    ooo…. itu namanya gang selot yah… hehe *norak

    Reply

  7. arivynt
    Jan 27, 2010 @ 17:41:20

    kadang kita lupa dengan kebutuhan kita
    atau kata pertanian g terlalu gaul gt

    Reply

  8. tiieee
    Feb 02, 2010 @ 12:52:36

    itu perpustakaan terbesar di bogor ya?
    atau ada lagi kah?🙂

    Reply

  9. missjutek
    Feb 10, 2010 @ 00:08:15

    Pustaka itu gedung yg ada persis di depannya gereja Zebot… yg warna merah… kalo yg sebelahnya gang selot mah LIPI bukan? yg gedungnya warna coklat kan?

    Saya pernah melakukan study banding Perpustakaan tersebut waktu kuliah…😀

    Reply

  10. ade
    Jul 16, 2010 @ 15:33:54

    baru tahu saya,, walaupn kampus saya kampus pertanian tp sy blm pernah kesana.. hehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: