Bogor Haus Musik!

Gugun and The Bluesbug pada salah satu acara di Kampus UI

Gugun and The Bluesbug pada salah satu acara di Kampus UI

Sore tadi, dengan modal kaos oblong, jeans belel, sepatu kets, backpack, dan jaket, saya nekad berpenampilan layaknya mahasiswa dan membaur dengan anak-anak muda Universitas Indonesia. Ada pertunjukan musik di Fakultas Ilmu Budaya. Efek Rumah Kaca yang menjadi sajian pamungkas. Memang tidak sampai belasan lagu yang mereka bawakan. Maklum, pertunjukan gratisan.

Meskipun demikian, tetap menarik melihat antusiasme dan apresiasi orang-orang Depok terhadap musik. Pengunjung yang memenuhi ruangan aula sore tadi buktinya. Di Bogor hal yang demikian pun sebenarnya ada. Kalau tidak, bagaimana mungkin Bogor bisa menyumbangkan musisi-musisi ke kancah belantika musik nasional. Dulu kita mengenal Base Jam. Sekarang kita kenal Fade2Black dan Coki “Netral”. Saya yakin mereka tidak melejit begitu saja. Mereka pasti lahir dan diuji terlebih dahulu di komunitas musik mereka.

Komunitas musik di Bogor tidak melulu berasal dari genre arus utama. Dulu, komunitas underground sering menggunakan sebuah rumah tua di sekitar pasar mawar sebagai tempat mementaskan musik mereka. Ide Gila, itulah nama tempatnya. Konon kabarnya, musisi yang sudah mentas di sana bukan hanya dari Bogor saja, band underground dari Malaysia pun pernah mentas di sana. Sayang Ide Gila sekarang tinggal nama. Tempat ini sudah tutup.

Komunitas non-arus utama lain yang cukup berkembang adalah komunitas hip-hop/rap. Bahkan eksistensi komunitas ini pun membuat RRI dan sebuah stasiun TV lokal Bogor, Megaswara, memberikan slot khusus untuk membahas genre musik yang satu ini tiap minggunya.

Terlepas dari besar dan beragamnya komunitas musik yang ada di Bogor, seorang kawan saya tetap mengeluhkan akan satu hal. Beliau ini adalah “makelar” salah satu band papan atas di negeri ini. Satu ketika dia berkata,

Tentang gigs? Tentang dimana harusnya kalo mau bikin event? Bogor needs some place….

Yah, Bogor tidak memiliki tempat yang cukup layak untuk dijadikan sebagai tempat pertunjukan musik berkelas. Kalaupun ada, tempatnya mungkin terlalu berkelas seperti di ballroom hotel. Tidak ada tempat untuk pertunjukan musik kelas medioker yang bisa dijangkau oleh rakyat kelas menengah ke bawah namun tetap memenuhi persyaratan musisi nasional. Itu sebabnya jarang ada musisi nasional yang mau mentas di Bogor. Padahal jarak Jakarta dan Bandung, tempat di mana kebanyakan musisi berasal, ke Bogor tidak jauh.

Sempat beberapa kali ada acara yang menggunakan pelataran parkir Botani Square sebagai tempat pertunjukan. Tempatnya memang besar, namun konsekuensinya acara yang dilangsungkan haruslah gratisan karena tempatnya terbuka. Masih belum ada aula atau ruang tertutup sejenisnya yang memadai untuk menyelenggarakan pertunjukan musik.

Sebenarnya aula-aula yang dimiliki Perguruan Tinggi di Bogor dapat didayagunakan untuk menyelenggarakan pertunjukan musik, namun entah kenapa tetap saja jarang ada pertunjukan musik yang berkelas. Rasanya hanya Universitas Pakuan yang cukup rutin menyelenggarakan pertunjukan musik yang cukup berkelas.

IPB yang sebenarnya memiliki beberapa tempat potensial ternyata memiliki resistensi sendiri dari dalam. Kultur sebagian warga IPB yang anti musik, membuat banyak pihak enggan menggelar pertunjukan di kampus ini. Belum lagi ditambah kebijakan kampus yang melarang adanya atribut promosi rokok di dalam lingkungan kampus. Padahal selama ini, produsen rokok terkenal royal mendukung acara-acara musik.

Jika keadaan ini terus berlanjut, maka rasanya saya masih harus sering-sering ke Depok atau Jakarta untuk hanya sekedar menonton pertunjukan musik. Dan saya rasa, saya bukanlah satu-satunya warga Bogor yang haus akan pertunjukan musik berkualitas.

10 Comments (+add yours?)

  1. Mayang's
    Feb 14, 2010 @ 15:26:45

    ah..saya jadi inget nonton konser Chrisye+Yovie and the Nuno di GWW. Lengkap dengan delay acara yang katanya gara2 ada demo bawa2 golok di depan GWW, eh.. atau karena panitianya kurang dana ya?? jadi musisinya males nyanyi.. hehehe..^^
    jadi inget juga konser gratisannya Glenn+Dewi pas Telkomsel lagi promo. Semoga provider tilpun sering2 promo lagi ya di Bogor, biar gak ngandelin sponsor rokok. hahaha..

    Reply

  2. Moes Jum
    Feb 16, 2010 @ 18:45:21

    “Belum lagi ditambah kebijakan kampus yang melarang adanya atribut promosi rokok di dalam lingkungan kampus” … rasanya ini gak hanya larangan di kampus deh. Yang kutahu iklan rokok untuk pertunjukan musik di Kota Bogor juga dilarang. Payah deh pokoknya ….!! Tapi ya mau bilang apa wong saya sendiri juga nge-rokok … hehehe

    Reply

  3. anonim
    Feb 17, 2010 @ 21:26:31

    lah, pada jarang ke ekalokasari ya? kan ada panggung bulanan tuh. hehehehe

    Reply

  4. Anggi
    Mar 05, 2010 @ 16:41:33

    Eh eh di Bogor udah banyak band baru yg bermunculan jg loh, salah satunya “Brava”😀
    Biasanya sih suka ada panggung di BNR, tapi rasanya masih terlalu jauh jg, jadi pada males nonton ke sana.

    Reply

  5. Kebon jahe
    Mar 06, 2010 @ 11:40:29

    haiah…
    si anggi malah promosi band.
    >,<

    BNR mah kejauhan…
    yang di downtown dong.

    Reply

  6. ndii
    Apr 12, 2010 @ 10:53:48

    bner juga tuu.. sbenernya kl bs cari tempat yg bisa buat smua kalangan ..

    Reply

  7. Fuvenanda
    Apr 30, 2010 @ 14:21:00

    Band indie bogor setau gue keren-keren lho

    Reply

  8. Awan Ikhwan
    May 18, 2010 @ 11:12:20

    bwt saudara/i ku yg tw info musik di bogor tolong kasi tw ak yah via email awanikhwan@yahoo.co.id
    thnx a lot..
    united makes dreams came true..

    Reply

  9. ade
    Jul 16, 2010 @ 15:30:53

    bener bgt nih,, apalagi di ipb darmaga…
    hayoo dong,,
    artis2 mampir kemari..sblm gw lulus ya..hehe

    Reply

  10. marketing
    Jul 18, 2012 @ 15:36:18

    Numpang promo yaa..
    Punya lagu ciptaan sendiri? Mau didengar banyak org?? Jual jadi RBT yukk.BEBAS BIAYA APAPUN, dapat penghasilan tambahan, + Menjadi Terkenal.
    More info, Klik http://www.merahputihdigital.com
    Telp:021 – 522 9800
    Email:marketing@merahputihdigital.com

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: