Orang Gila, Mereka di Sekitar Kita

Setelah saya runut ke belakang, ternyata saya termasuk orang yang sering berpindah-pindah domisili. Entah itu untuk jangka waktu beberapa bulan saja maupun untuk waktu yang lebih lama lagi, tahunan.

Dari sekian banyak kota yang pernah saya diami, ada yang membuat saya heran dengan Bogor. Di tempat ini, entah mengapa, banyak sekali orang gila berkeliaran di jalan. Di kota lain juga pasti ada orang gila yang sering lalu lalang di jalanan, tapi untuk ukuran kota sebesar Bogor jumlah orang gila yang seliweran di jalan relatif lebih banyak.

Satu orang gila sedang duduk di depan Botani Square

Sebelumnya, saya mengira sudah melihat semua kelakuan orang gila, mulai dari yang joget-joget di pinggir jalan sampai yang suka minta uang sembari mengancam melempar batu ke arah kaca mobil yang lalu lalang.

Ternyata, tren orang gila di Bogor agak beda dengan di tempat lain. Di sini, banyak orang gila yang “eksibisionis”.  Tidak pria, tidak perempuan, sama saja.Paling tidak, sudah ada lima orang gila tanpa busana atau nyaris tanpa busana yang sudah saya lihat di Bogor.

Entah serius atau bercanda, saya pernah mendapat ceritabahwa ada rumah sakit jiwa yang suka melepaskan pasien yang dianggap “tidak berbahaya” ke jalanan Bogor. Alasannya klasik, karena minimnya dana operasional dan pasien yang dimaksud tidak jelas di mana sanak keluarganya. Bisa jadi cerita ini benar, apalagi jika kita tahu bagaimana buruknya penanganan pasien rumah sakit jiwa di Indonesia seperti yang pernah dijepret John Stanmeyer di Rumah Sakit Jiwa Cipayung untuk majalah Time Asia.

Orang gila sedang menulis sederet angka di kertas. Berminat untuk menanyakan nomor buntut kepadanya?😛

Sebel

umnya, saya

mengira sudah melihat semua kelakuan orang gila, mulai dari yang joget-joget di pinggir jalan sampai yang suka minta uang sembaril mengancam melempar batu ke arah kaca mobil yang lalu lalang.

Ternyata, tren orang gila di Bogor agak beda dengan di tempat lain. Di sini, banyak orang gila yang eksibisionis.  Tidak pria, tidak perempuan, sama saja.

12 Comments (+add yours?)

  1. nonadita
    Mar 01, 2010 @ 00:22:18

    Rasanya saya lebih sering menemukan orang gila di kawasan perkotaan dan bukannya pinggiran/perumahan. Aneh juga, mengingat kota mestinya ramai dan biasanya lebih diperhatikan keadaannya. Apa pejabat pemerintah nggak pernah bertemu dengan orang gila di jalanan? Nggak adakah penanganan baik yang bisa diberikan?

    Yeah, ini bukan sekedar masalah estetika kota. Ini cerminan kondisi kejiwaan masyarakat kota, minimnya kepedulian stakeholder dan juga, ehmm… bisa jadi ancaman bagi kesehatan warga lain juga lho…. Agak kejam sih, tapi begitulah kira2

    Reply

  2. Moes Jum
    Mar 02, 2010 @ 15:43:24

    Hehehe … jadi inget, sudah sekitar 10 tahun belakangan saya masih saja lihat “the walker” di Bogor ini. Dia tidak mengganggu orang lain dan kerjaannya cuma jalan dan jalaaan saja. Beberapa tahun terakhir jejak the walker diikuti oleh seorang gila yang lain. Saya menamakannya “the dancer” … soalnya orang ini selalu jalan sambil berputar2 (2-3 kali).

    Reply

  3. Anggi
    Mar 05, 2010 @ 16:45:53

    Ironi, ada RS jiwa tapi masih banyak orang gila berkeliaran…ckckck

    Reply

  4. Passerby
    Mar 09, 2010 @ 19:34:20

    jaman kuliah dulu, setau gue lingkungan sekitar kampus itu tempat berkeliarannya orang gila. mulai dari yang tidak mengganggu sampe mengganggu. mulai dari yang asik sendiri, sampe yang suka ngejar cewe cantik. gak tau sekarang masih banyak atau gak…
    ah..orang gila juga manusia..

    Reply

  5. Iqbal
    Mar 09, 2010 @ 23:07:00

    eh, ada yg unik, kalau mainstreamnya orang gila gak pakai busana, di masjid alhurriyah kampus ipb ada yg berbusana tertutup layaknya muslimah… ini baru namanya orang gila istiqomah…=p

    Reply

  6. manshurzikri
    Mar 22, 2010 @ 16:34:11

    Wah, paragraf terakhir dari tulisan ini menarik. Saya sudah melihat gambar-gambar Rumah Sakit Jiwa Cipayung dari link yang diberikan. Sepertinya masalah ini bisa menjadi bahan studi untuk kuliah..
    hahaha, mantap!

    Reply

  7. Aku Punya dot com
    Jun 13, 2010 @ 08:34:36

    didekat tempat kerja saya dulu ada orang gila cewek tanpa busana, masih muda, badannya bohay. Orang2 sekitar ada yang bawa2 teropong segala utk ngeliat.

    Reply

  8. Katumbiria
    Jun 15, 2010 @ 10:57:54

    Wah, orang gila itu memang sekarang sedang menjamur. Apa karena itu bekas PILKADA kemarin. Menarik sekali, fotonya juga menjelaskan. Tapi yang jadi masalah, apakah orang gila ini mengganggu atau tidak.

    Reply

  9. aiva
    Jun 26, 2010 @ 14:26:55

    jadi inget ama orang gila di daerah saya…
    dia selalu di jadikan sasaran buat nanyain nomor togel..
    ck..ck..
    ada-ada aja…

    Reply

  10. ade
    Jul 16, 2010 @ 15:30:06

    banyak tuh di sekitar jalan raya darmaga.. tp untungnya mrk ga ngapa2in ..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: