Erliza Hambali dan Minyak Jelantah Sebagai BBM trans Pakuan

Erliza Hambali. Dok: fateta.ipb.ac.id

Berbekal landasan pengetahuannya yang fokus ke Teknologi Industri Pertanian, sampai mendapat gelar doktor, banyak produk sudah dihasilkan dari hasil-hasil pemikiran Erliza Hambali. Di antaranya sabun transparan dengan berbagai macam bentuk uniknya dan jarak sebagai biodiesel. Ya… tapi itu terlepas dari kontroversi tentang biodiesel, yang jelas Erliza telah menelurkan hasil pemikiran yang bisa dijadikan alternatif bahan bakar pengganti minyak bumi.

Kalau memperhatikan dengan detail, di kampus IPB yang dekat Tugu Kujang, sekarang banyak dijadikan lembaga penelitian. Salah satunya Surfactant & Bioenergy Research Center (SRBC). Erliza menjadi orang nomor satu di dalamnya. Karena serius dalam mendalami bidang surfaktan, banyak pihak yang dengan senang hati membantunya dalam menjalankan SRBC.

Produk sabun transparan yang dihasilkannya semakin diminati masyarakat. Souvenir unik ini seringkali dijadikan  wedding gift atau birthday gift karena bentuk dan warnanya yang unik. ”Memang harga sabun ini relatif lebih tinggi, tapi sebetulnya kami juga bisa membuat sabun dengan harga sama dengan di pasaran jika ada pesanan,” tutur Erliza. Sekarang, sabun diproduksi dengan skala UKM di daerah malabar.

Ada juga inovasi mengubah minyak jelantah menjadi biodiesel sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan. Sudah lama trans Pakuan, angkutan umum di daerah Bogor, menggunakan olahan minyak jelantah ini sebagai bahan bakarnya. ”Namun, kendalanya, sulit sekali mendapatkan minyak jelantah karena pedagang kecil biasanya menggunakan minyak sampai habis. Akhirnya setelah diinisiasi kerja sama dengan beberapa pihak, kendala tersebut dapat diatasi,” kata Erliza. Minyak jelantah didapat dari restoran dan hotel di berbagai wilayah se-Indonesia. ”Biasanya restoran dan hotel tersebut menjual minyak jelantah bekas kepada pedagang kecil, setelah dialihkan ke kami, otomatis pedagang tersebut tidak menggunakan minyak bekas lagi,” katanya lagi.

9 Comments (+add yours?)

  1. Kebon jahe
    Mar 10, 2010 @ 00:09:25

    emang program hybrid fuel ini masih jalan ya di transpakuan?

    kok kayaknya gua setengah yakin..

    Reply

  2. Iqbal
    Mar 10, 2010 @ 09:16:08

    itu tulisan setahun yl, skrg gak tau deh…pisss….=)

    Reply

  3. manshurzikri
    Mar 22, 2010 @ 16:18:21

    Yah, meskipun tulisan ini merupakan tulisan tahun lalu, tapi merupakan inisiatif yang baik dengan menguploadnya ke blog ini. Hitung-hitung bisa memberitahu kepada khalayak bahwa ada orang Indonesia di IPB yang memiliki kapasitas seorang ilmuwan sejati sehingga bisa memicu dan memotivasi orang lain untuk berkembang.🙂

    Reply

  4. Iqbal
    Mar 28, 2010 @ 17:15:30

    @dita: duh, blm dpt info updatenya lg dit..

    @manshurzikri: oke, trims ya, drpd nganggur di laptop aja tulisannya mnding upload yah…=)

    Reply

  5. Edo
    May 03, 2010 @ 22:53:30

    program jelantah-biodiesel masih eksis kok, kalau mau lihat kegiatan pengolahannya bisa lihat di jalan curug mekar no 6 bogor, dekat perumahan taman yasmin. malah sekarang kita merambah untuk mensuply biodiesel untuk truk sampah kota bogor
    🙂

    Reply

  6. ade
    Jul 16, 2010 @ 15:25:18

    wooow keren yaah.. ^^

    Reply

  7. ikhwansyah nurhadi
    Sep 19, 2010 @ 18:52:42

    salam,

    disalah satu buku yg saudari tulis ttg membuat sabun transparan, saya sudah mengikuti cara2nya dan ukuran2 berat yg ditulis pada buku tersebut, namun hasilnya sama sekali jauh dari yang diharapkan. malah jadinya seperti lilin berwarna putih, apakah formula yang di tulis dibuku tersebut belum tepat atau bagaimana??

    mohon klarifikasinya…

    Reply

  8. iJaz
    Oct 10, 2010 @ 11:19:02

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: