Waspadai Jambret Bermotor!

Baru kemarin, seorang sahabat (Icha) bercerita tentang pengalaman buruk: hampir jd korban jambret yang menggunakan motor. Kejadian ini terjadi di kawasan Taman Kencana, setelah maghrib saat suasana sepi. Untuk mempertahankan tasnya, Icha sampai jatuh terseret penjambret bermotor tersebut. Namun syukurlah, tas tersebut tidak jadi berpindah tangan.

Pengalaman buruk serupa menimpa juga tetangga saya, seorang perempuan berjilbab yang rutin menggunakan motor untuk bepergian sehari-hari. Beberapa minggu lalu, dua orang penjambret bermotor menyalipnya di sekitar Laladon, Ciomas dan berhasil mengambil tasnya. Teman saya kaget dan motornya pun oleng. Malang, sebuah mobil Kijang menghantamnya dari depan dan menyebabkan dua kakinya patah. Sampai hari ini, dia masih dalam pengobatan & belum bisa pulang ke rumahnya.

Modus operandi penjambretan seperti ini sebenarnya sudah lama, namun rupanya belum terlalu klasik untuk digunakan sampai sekarang. Pada umumnya, penjahat ini mengincar perempuan yang menggunakan tas di bahu dan sendirian di kawasan yang sepi.

Berikut adalah tips-tips dari Icha yang didapatnya sebagai hikmah kejadian kemarin:

  1. Tas bahu sering menjadi incaran karena mudah ditarik. Sebaiknya gunakan tas yang talinya kokoh atau gunakan backpack sekalian
  2. Simpan tas di bahu kiri, sehingga lebih sulit dijambret orang yang biasanya berada di sebelah kanan (bila sedang di jalan raya)
  3. Jangan membawa terlalu banyak barang di kedua tangan, supaya kita fokus pada semua barang bawaan kita. Sebaiknya jangan menggunakan ponsel ketika sedang di jalanan
  4. Jangan melamun ketika sedang jalan. Selalu waspada apalagi bila ada motor yang berjalan pelan di dekat kita
  5. Bila memungkinkan, ingat plat nomor motornya dan laporkan segera ke polisi terdekat
  6. Bertawakkal bila telanjur menjadi korban. Percayalah bahwa rejeki akan menghampiri orang-orang yang bersyukur dan bersabar akan cobaan yang menimpanya.

Bogor belum sepenuhnya menjadi kota yang aman untuk warganya. Mari sama-sama menjaga diri dan waspada akan bahaya yang mengancam. Ada yang mau berbagi cerita atau tips lain? Silakan.. (nonadita)

10 Comments (+add yours?)

  1. tiieee
    Jun 22, 2010 @ 13:22:58

    waduh di daerah Taman Kencana? Saya sering banget pulang malem lewat situ (kuliahnya malem), soalnya emang rumah saya cm sekitar 1 kilo dari Taman Kencana. Dimananya ya itu? grr, harus waspada kalo begitu.. thanks nonadita;)

    Reply

    • nonadita
      Jun 22, 2010 @ 13:27:26

      Deket sm Taman Kencananya, masih di ujung jalan Ciremai di sebelah Kampus IPB-nya. Biasanya ada satpam atau orang2 yg ngumpul di pos. Kebetulan lagi sepi, ya jambretnya beraksi deh…

      Reply

      • tiieee
        Jun 22, 2010 @ 13:50:12

        hoo, yang udah mulai gelap itu ya? emang rawan sih, soalnya sepi banget. Selama ini sih alhamdulillah ga pernah ada kejadian penjambretan, tapi kadang emang deket pos satpam itu suka ada beberapa anak muda laki-laki yang suka nongkrong dan ada motornya juga. Entah mereka cm nongkrong aja atau nunggu sesuatu ya, tapi tetep waspada😀

  2. digital camera memory card
    Jun 22, 2010 @ 13:37:33

    wuih….

    hari gini jambret udah merajarela lagi ya/???

    makasih banyak infonya,,,

    Reply

  3. Anggi
    Jun 22, 2010 @ 14:33:47

    Satu tips lg, klo mau ke mana2 jangan lupa baca doa, karena doa akan menguatkan kita🙂

    Reply

  4. aiva
    Jun 26, 2010 @ 14:24:41

    wuiihh… taman kencana mmg sepi banget…
    sip deh icha buat tipsnya…

    Reply

  5. herupra
    Jun 26, 2010 @ 23:48:57

    nice information

    Reply

  6. wongkamfung
    Jun 30, 2010 @ 15:16:39

    temen kantor juga ada yg dijambret tasnya saat dia lewat jl. dadali, jambretnya sendirian naik rx king kemudian kejar2an dg teman kantor saya yg perempuan yg pakai mio muter2 masuk jalan kesehatan dan akhrinya hilang. kejadiannya malam sekitar jam tujuhan beberapa bulan yg lalu

    Reply

  7. nengjeni
    Jul 02, 2010 @ 15:34:45

    temen kantorku tahun lalu ngalami hal yg sama di Indraprasta 2, mana waktu itu dia lagi mengandung ..😦

    Reply

  8. akbar
    Aug 11, 2010 @ 12:28:22

    Bongsone jambret pak di jambret….hahahahahha

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: