Dunkin Stasiun Perbolehkan Penumpang Duduk Tanpa Beli

Sudah lama sebetulnya saya mau tahu apa pendapat pengelola Dunkin Donuts yang ada di Stasiun Bogor tentang pengunjung yang hanya duduk-duduk saja tanpa membeli. Seperti yang kita ketahui bersama, kursi Dunkin Donuts Stasiun Bogor tidak hanya berada di dalam restorannya, tapi juga di luar yang itu berada di wilayah tunggu penumpang kereta. Banyak penumpang yang memilih duduk di kursi milik Dunkin Donuts tersebut tanpa membeli produknya, mungkin karena kursinya yang nyaman atau memang karena kursi tunggu sudah tidak ada yang kosong. Saya temui Pak Syarif, Store Manager-nya. Ia menyambut dengan baik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya dengan ramah:

Iqbal: Gimana tentang orang-orang yang suka duduk di depan situ yang itu kan haknya Dunkin?

DD: Itu kan membantu penumpang buat duduk. Selain itu, kita lihat, alangkah baiknya penumpang duduk kita tawarkan (menu Dunkin). Orang mau duduk silakan walaupun gak pesan. Jadi, duduk di situ gak harus pesan. Kru saya selalu diajarkan sopan santun, “Pak, sambil nunggu kereta mungkin Bapak mau pesan.”

Iqbal: Tapi maaf ni Pak, ada keluhan, kru Dunkin agak judes, jadi dia seakan-akan maksa yang duduk buat beli?

DD: Saya dari dulu tekankan ke kru, kalau penumpang mau duduk silakan. Mungkin karena mood kerjanya sedang tidak baik. Tapi saya selalu tekankan kerja professional.

Iqbal: Tapi kalau ada pengunjung yang beli Dunkin, lalu kursinya penuh, kan dia punya hak duduk?

DD: Ya kita ngomong baik-baik ke pengunjung yang tidak beli, karena itu fasilitas punya kita. Sebenarnya dengan adanya kursi itu kan kita membantu penumpang. Dari segi kebersihan juga kan kita jaga, kita sapu.

Iqbal: Jadi, kalau orang datang duduk di kursi luar itu, lalu petugas kasih menu, orang yang duduk di situ menolak untuk pesan itu boleh ya?

DD: Boleh. Yang saya tekankan seperti itu ke anak-anak. Gak masalah. Tapi akan didahulukan orang yang pesan Dunkin kalau dia kehabisan tempat duduk.

6 Comments (+add yours?)

  1. Bahasa, please!
    Jun 29, 2010 @ 14:52:28

    kalau duduk tidak pesan Dunkin, tapi malah makan makanan yg dia bawa sendiri, gimana tuh?🙂

    Reply

  2. syahrul
    Jun 29, 2010 @ 16:18:35

    kalau begitu, giliran penumpang di stasiun bogor yang dituntut untuk lebih manusiawi. turut menjaga perasaan si empunya kursi.

    Reply

  3. Abak
    Jun 29, 2010 @ 17:22:29

    dengan kebaikan hati biasanya berbalas kebaikan… menawarkan tempat duduk gratis, jangan-jangan malah mendapat banyak pembeli…. siapa tau komunitas penumpang KA mendengar kebaikan hati DD maka justru menjadi iklan yang baik bagi DD dan semakin ramai pembeli…

    Reply

  4. ade
    Jul 16, 2010 @ 15:22:43

    emang yah? stau saya beli disitu baru blh duduk.,..

    Reply

  5. Dian Pandu
    Jan 06, 2011 @ 15:11:26

    wah saya cukup saliut dengan Dunkin Donuts yang selalu memberikan pelayanan yang baik kepada setiap pengunjung walau tak membeli produknya
    salam dan sukses buat Dunkin Donuts

    Dian Pandu
    Makassar

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: