Menelisik Kehidupan Tukang Becak di Matahari

(bukan becak di matahari). Dok: flickr.com

Beda dengan becak Jakarta yang semuanya sudah dibuang ke laut, Bogor masih punya banyak becak yang siap melayani penumpangnya. Seorang tukang becak di Matahari (dekat Stasiun Bogor), bernama Ikin, bertutur beberapa hal tentang kehidupannya:

Iqbal: Sudah berapa lama di sini Pak jadi tukang becak?

Ikin: Di matahari ini 17 tahun, dari belum nikah sampai punya 2 anak. Yang satu kelas 1 SMP, yang kedua masih SD. Alhamdulillah bisa biayain, ya dicukup-cukupinlah.

Iqbal: Sehari biasanya bawa penumpang berapa kali Pak?

Ikin: Sekitar 10 kali lah. Itu dari jam 9 pagi sampai sore.

Iqbal: Bisa dapat berapa tu Pak?

Ikin: Sekitar 30-40 ribu. Pahitnya 20 lah. Alhamdulillah dicukup-cukupinlah.

Iqbal: Ada penumpang yang baik gak sih Pak sampai ngash lebih banyak?

Ikin: Ya ada yang ngasih 10 ribu, ada yang 8 ribu, 15 ribu.

Iqbal: Biasanya orang-orang kebanyakan naik becak ke mana sih Pak?

Ikin: Paling ke Matahari, Pasar Anyar, PGB. Itu pasaran 4 ribu, 5 ribu.

Iqbal: Paling jauh pernah ke mana Pak?

Ikin: Pondok Rumput, itu pasaran 15 ribu.

Iqbal: Ada penumpang yang nyeleneh gak sih sampai minta ke Dramaga misalnya?

Ikin: Ada, tapi saya bilang gak kuat.

Iqbal: Pernah bawa bule gak Pak?

Ikin: Pernah, dia dulu ke Hotel Sartika (santika kali ya?), tapi jarang gitu.

Iqbal: Dia ngasih duitnya banyak gak?

Ikin: Cuma lima ribu perak, malah lebih murah dari orang-orang kita.

Iqbal: Kok gak minta tambah?

Ikin: Saya udah bilang kurang, tapi kan dia ngomongnya bahasa Inggris jadi kurang paham. Kita kan gak tahu bahasa Inggris, haha…

Iqbal: Di sini total tukang Becak berapa sih Pak?

Ikin: Sekitar 30 lah.

Iqbal: Pernah konflik antar tukang becak?

Ikin: Ya konflik kecil biasalah.

Iqbal: Musuhnya tukang becak tu siapa sih Pak? Polisi atau siapa?

Ikin: Gak ada. Kota Bogor udah aman lah.

Iqbal: Ada yang narik-narikin uang keamanan gak?

Ikin: Gak ada, pokoknya amanlah.

Iqbal: Gak enaknya apa sih Pak jadi tukang becak?

Ikin: Ya mau gimana, namanya orang bodoh…

Iqbal: Wah jangan gitu donk Pak… Kalo enaknya apa Pak?

Ikin: Enaknya kalau ada turunan.

Iqbal: Haha, oke makasih ya Pak.

12 Comments (+add yours?)

  1. farhad
    Jul 27, 2010 @ 16:57:17

    mustinya ditanyain juga bal, “tukang becak dari jakarta banyak yang migrasi ke bogor ga pak?”

    mantab!

    Reply

  2. Anggi
    Jul 28, 2010 @ 12:28:52

    Becak ini seperti hidup segan mati tak mau, karna masih ada aja yg butuh becak. hehehe…

    Reply

  3. azkaa,,
    Aug 06, 2010 @ 02:30:31

    hehehe.. makasih kak, udah bikin nyengir tengah malem.. lucu ya bapaknya, enaknya kalo ada turunan.. itu original banget, yang paling ngerti betapa enaknya turunan tu ya tukang becak.. atau gw juga dulu seneng deng ama turunan.. kalo lagi maen sepeda, jaman SD-SMP..🙂

    Reply

  4. tjox
    Aug 09, 2010 @ 08:54:41

    hahahaha….Jujur banget tukang becaknya ya??
    salam kenal…

    Reply

  5. sangpenjelajahmalam
    Aug 18, 2010 @ 13:29:40

    Salam kenal..

    Reply

  6. asmarie
    Aug 28, 2010 @ 08:53:48

    salam kenal

    dari dexter

    dan salam kenal dari komunitas blogdetik Semarang
    http://dotsemarang.blogdetik.com

    tulisannya keren2..aku suka itu

    Reply

  7. dee
    Sep 05, 2010 @ 21:32:51

    ”Ikin: Enaknya kalau
    ada turunan.”

    kalimat ini yg saya suka,betapa bapak ini sudah sangat bersyukur meski hanya penarik becak, apa kita juga begitu? :hmm

    Reply

  8. iamphotographer
    Sep 08, 2010 @ 10:30:27

    Salam kenal ya… aku suka tulisan seperti ini. *numpang permisi masuk…

    Reply

  9. Au Au
    Nov 21, 2010 @ 04:32:28

    gambar becak mataharinya mana?🙂

    Reply

  10. Mbah Jiwo
    Jan 23, 2011 @ 08:18:31

    sempat ya…

    Reply

  11. retronesia.web.id
    Nov 05, 2011 @ 11:51:18

    Salam kenal, barusan dari google nyasar kesini

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: