Toko Buku 88, Jembatan Merah & Kenangan

Toko Buku 88 Bogor

Ada masanya ketika Jembatan Merah menjadi tujuan belanja utama. Toko-tokonya ramai dikunjungi pembeli dari mana-mana. Rasanya apapun kebutuhan sehari-hari ada di sana. Namun masa itu sudah lama berlalu. Beberapa toko sekarang sepi dan tutup satu demi satu. Tak banyak lagi pembeli yang datang ke situ.

Malam itu, saya dan pacar berniat membeli kebab yang mangkal di depan Toko Buku 88, Jl Merdeka 27, Jembatan Merah. Selagi menunggu kebabnya matang, saya malah tertarik untuk masuk ke Toko Buku 88 dan melihat bagaimana keadaan toko yang pernah populer belasan tahun lalu saat saya masih bersekolah di dekat situ.

Dulu, saat toko buku besar belum banyak di Bogor, toko ini jadi salah satu tujuan belanja utama yang diserbu saat tahun ajaran baru. Cewek-cewek datang untuk membeli stationery yang lucu-lucu. Penggemar komik pun menyerbu rak-rak berisi komik-komik Jepang yang seru. Saya masih ingat rasanya jalan-jalan ke sana sama teman untuk beli majalah & pulpen warna warni hasil nabung uang jajan. Banyak juga tas sekolah yang saat itu cuma bisa saya kagumi tanpa bisa membelinya.

Tapi kemudian toko-toko buku yang besar dan baru bermunculan di mall-mall yang cantik & sejuk. Pembeli bergeser ke tempat lain dan lama-lama pertokoan Jembatan Merah jadi sepi. Tak terkecuali toko buku ini. Rak-rak bukunya tidak lagi terlihat sepenuh sebelumnya. Buku resep dan buku pelajaran disusun ke samping –dua atau tiga buku setiap tumpukan- supaya terlihat penuh. Binder arsip disusun agak jarang dan berjauhan. Pramuniaga masih memakai seragam yang lama, selama bertahun-tahun modelnya masih sama. Suasananya nggak seceria seperti saat saya masih suka berbelanja di sana.

Beli Kartu di Toko Buku 88

Saat itu saya cuma membeli beberapa kartu ucapan untuk stok buat kado teman-teman  yang akan melahirkan. Kartu ucapan dibungkus plastik, sebagian lecek dan tertutup debu. Tapi masih bagus dan layak dibeli. Sambil membayar di kasir, saya teringat masa-masa jayanya Toko Buku & pertokoan di kawasan Jembatan Merah lainnya. Saat pembelinya masih banyak bahkan di hari kerja. Ah semuanya sudah nggak lagi sama.

Pernahkah anda mampir lagi ke sana? Apakah Jembatan Merah masih terpikir sebagai tempat belanja? Sekali-kali mampirlah lagi, tengok kembali toko-toko yang pernah kita datangi. Saya berencana untuk kembali belanja di sana, demi sepotong nostalgia.
(nonadita)

19 Comments (+add yours?)

  1. tri prabowo swasono
    Feb 07, 2011 @ 12:04:27

    hihihi iyah sudah sepi sekarang.. tapi pelayanannya masih ramah .. para pelayan toko setia menunggu datangya pembeli.. dengan susunan rak, dekorasi dan barang-barang yang rasanya sudah tempo dulu.. ada juga sih yang baru🙂 harganya juga ada yang tempo dulu🙂 jadi terkadang dapet yang murah2 disana🙂

    Reply

  2. Anggi
    Feb 07, 2011 @ 13:04:06

    Sekarang udah kaya toserba, sampe radio tape jg dijual di sana. Toko2 di jembatan merah memang udah sepi pengunjung, tapi pedagang emperannya tuh, giilllleee..makin merajalela aje😛

    Reply

  3. izor ipelhaf
    Feb 08, 2011 @ 14:42:34

    jalan itu (merdeka) menyisakan kejayaan toko toko tersebut jaman dulu.hehehehe.sering lewat

    Reply

  4. jasmineamira
    Feb 18, 2011 @ 07:16:31

    rumah saya di Jembatan Merah kok. sering lewat toko buku 88 kalo mau ke PGB. hehehehe tp jarang mampir untuk masuk ke sana

    Reply

  5. hari
    Feb 23, 2011 @ 10:34:20

    Kalau tokobuku88 sudah dianggap toko antik, maka bagaimana dengan tokobuku batutulis, tokobuku ABC. Dulu keduanya berlokasi dijalan Surken.
    Ah pasti kalian kira saya sudah kakek2 sekarang.

    Tahun 1980an toko itulah yang menemani kegairahan membaca gratis.

    Reply

  6. Nie
    Mar 08, 2011 @ 12:54:23

    Satu lagi toko buku naga kencana yg di surken kyknya msh ada dech, thn 80-an selain toko buku 88 jd tempat pertama utk cari buku sekolah, tp skrng kyknya hanya jd toko ATK aja atau msh ada buku pelajarannya.

    Reply

  7. tokobayiindah
    Apr 08, 2011 @ 12:38:29

    saya jadi teringat masa masa saya bersekolah di Bogor dulu…mampir di sana dan beli alat tulis, senangnya bukan main. Selain itu juga saya suka membeli kertas prakarya di toko lainnya seperti ABC…sudah lama sekali saya tidak ke Bogor…Kota Kenangan dan sempat membuat saya tidak mau pulang ke daerah asal🙂

    Reply

  8. Chase Terankaipivo
    Dec 17, 2011 @ 17:51:38

    Sejujurnya, inspirasi semangat menulis saya dapatkan setiap kali saya masuk ke toko buku Tisera di Serang dan Salemba di Cilegon.

    Reply

  9. lina
    Feb 01, 2012 @ 10:04:22

    Bgm dg toko buku King? Posisi d jl mayor oking ps kebon kembang bawah. Dl bnyk d jual buku tmp perangko. Skrg sy sulit cari bk tmp perangko

    Reply

  10. m sopa
    Nov 02, 2012 @ 19:34:09

    ada buku noah kisah lainnya . klu ada kasih tau ini no ku 085888182917 daRI m sopa , shbt noah

    Reply

  11. irvan
    Nov 06, 2012 @ 15:58:01

    Toko Buku Naga Mulia kemana ya??

    Reply

  12. Fardie Kasepz
    Jul 21, 2014 @ 11:58:13

    Toko88, toko langganan setiap album lagu barat terbaru pasti selalu ada, juga bisa request lagu dangdut yg ngetop waktu itu… hehehe, komplit pokonya ampe kaset kosong jg ada yg 60mnt sampe 90mnt inget bgt, belanjanya hbs beli buku pelajaran di Naga Mulia toko sebelah

    Reply

  13. muhammad billy
    Nov 16, 2014 @ 19:00:54

    apah disini jual atk untuk fotokopii (usha fotokopi) ?

    Reply

  14. Dery Hidayat
    May 19, 2015 @ 12:10:43

    ada sticker lebel untuk barkot gak,yg gulungan

    Reply

  15. bersabar
    May 30, 2015 @ 11:19:49

    ini alamat pastinya dimana ya ?? kalau toko yang jual buku” novel gt dibogor dimana ya ?

    Reply

  16. ismail
    Jun 24, 2015 @ 15:03:35

    🙂 yap banyak meninggalkan kenangan disana

    Reply

  17. onl5
    Jul 12, 2015 @ 19:05:43

    Semoga aja bisa tetep bertahan toko-toko di sana

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: