Fasilitas Mushola di Tempat Perbelanjaan

Di sebagian besar tempat umum di Indonesia, mushola adalah fasilitas yang sering kali tersedia. Kondisinya bermacam rupa, dari yang tak layak sampai istimewa. Ada yang luas luar biasa, ada juga seukuran meteran satu kali dua. Ada beberapa hal yang bisa jadi penentu keadaan mushola, kira-kira inilah: ketersediaan dana pengelola, kepedulian para pengguna dan kebesaran hati para penyandang dana. Bila ini dijadikan patokan umum, idealnya mushola di tempat yang bagus & digunakan banyak orang berpunya, kondisinya juga baik adanya.

Tapi musholla yang baik dan bersih kondisinya rupanya nggak banyak. Jangankan di pasar tradisional yang biasanya bau dan becek, mushola yang OK juga nggak selalu ditemukan di mall-mall. Musholla biasanya menempati tempat terpencil, seringkali di basement atau tempat parkir. Supaya sepi dan bisa konsen beribadah? Ya, alasan ini bisa diterima. Di tempat yang agak jauh dari tempat transaksi jual beli? Ya, bisa dipahami juga karena ibadah bukan kegiatan yang secara langsung menghasilkan uang sewa bagi pemilik tempat belanja.

Belakangan ini, mushola di banyak tempat keadaannya juga sudah lebih baik. Botani Square memperluas mushola di lantai 2 meskipun antrian di waktu maghrib tetap saja ada. Mukenanya pun sudah tersedia, antara lain berkat dukungan dari Gerakan Mukena Bersih (GMB) yang secara rutin menyuplai dan memelihara mukena-mukena bersih di berbagai tempat umum. Namun, bagaimana hubungan yang terjadi antara GMB dan BoQuare saya kurang tau juga sih.

Ada satu hal yang sering membuat saya bertanya-tanya, kenapa penyediaan (tempat) mushola seringkali tidak diiringi dengan penyediaan fasilitas untuk beribadahnya? Misalnya karpet atau sajadah yang baru dan bersih dan mukena atau sarung yang juga bersih. Bukan cuma sekali dua kali, saya ke mushola yang bagus gitu di mall yang baru dibangun.. tapi sajadah & mukenanya sudah kucel dan kelihatan bekas pakai. Padahal yo musholanya bersih dan baru. Iya, memang adalah kewajiban setiap muslim untuk menunaikan ibadahnya dan memiliki fasilitas masing-masing. Tapi rasanya, tanggung aja gitu. Seperti menunaikan suatu pekerjaan tapi nggak tuntas.

Sajadah

Mukena di Bogor Junction

Tak terkecuali di mall terbaru di Kota Bogor yaitu Bogor Junction. Lokasinya lumayan terjangkau lah, di dekat food court. Tapi lagi-lagi, saya menemukan hal yang sama: karpet, sajadah & mukena yang terlihat seperti barang bekas pakai. Mudah-mudahan sih pengelolanya sedang dalam proses menyediakan fasilitas yang lebih baik dan yang sekarang ada cuma fasilitas sementara aja.

Gimana pendapat anda tentang hal ini?

6 Comments (+add yours?)

  1. asudomo
    Mar 21, 2011 @ 15:43:25

    mending di boqer, ada yang lebih parah kok musholla nya

    Reply

  2. unggulcenter
    Mar 23, 2011 @ 11:01:16

    Harusnya ada Perda mengatur masalah ini. Ini bisa kok asal ada kemauan.

    Misal ukuran mushola. Fasilitas mushola. dan Tempat mushola.

    Reply

  3. asudomo
    Mar 23, 2011 @ 14:58:39

    iya, sebenarnya klo mushola nya nyaman, pengunjung juga bakal betah nongkrong di mall

    Reply

  4. Admin
    May 10, 2011 @ 12:50:03

    di boqer kadang karpetnya bau😦

    Reply

  5. syarsonelf
    Dec 23, 2011 @ 04:02:55

    Kalau gak salah, http://www.mukenaindonesia.org juga masuk ke Bogor Square. Tapi mungkin perlu nambah mukena kali ya.

    Reply

  6. Haenama Nuri
    Nov 21, 2012 @ 18:35:26

    Untuk mencari lebih banyak fasilitas umum lainnya,di blog ini kurang lengkap.*perlu di garis bawahi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: