Cerita dari Penjual Martabak Dekat Stasiun

Sekitar awal 2010, saya sempat wawancara salah satu tukang martabak yang berjejer di dekat stasiun, yang dekat Jembatan Merah itu loh. Tapi baru ditulis sekarang, hehe. Saya lupa nama tukang martabak yang saya ajak wawancara, tapi saya ingat dia masih muda (sekitar 30 tahun), kumisan, tampangnya sangar (tapi ternyata bikin ketawa melulu).

Ini hasil wawancaranya dengan sedikit penyuntingan:

Iqbal (I) : Gak takut kesaing? Kan di sini ada 20-an tukang martabak?
Tukang Martabak (TM) : Wah 20 lebih. Gak takut ah, kan masing-masing ada langganan. Banyak yang cuma mau beli di situ aja. Biasanya langganan karena enak, bukan karena kenal.
I : Yang paling rame mana?
TM : Rata sih ya. Kayaknya sini sih.
I
: Haha. Di sini buka jam berapa?
TM
: Biasanya setengah empat sore. Tutupnya mah tergantung. Biasanya jam 1 itu masih ada. Jam 3 subuh itu baru gak ada sisa.
I
: Biasanya sehari laku berapa?
TM
: Sepuluh kilo lah, itu dapat sekitar 80 martabak. Satunya dijual tujuh ribu. Yang keju tiga belas ribu. Biasanya yang banyak mesen sih yang kacang, yang tujuh ribu itu.
I
: Kalau siangnya ngapain mas?
TM
: Ya siap-siap.
I
: Ini gerobaknya bawa dari rumah?
TM
: Nitip belakang sini.
I
: Udah brp lama di sini mas?
TM
: 10 tahun lah. Sendiri aja, gak pake asisten.
I
: Gak coba martabak telur? Susah ya?
TM
: Ah enggak. Ini saya punya roti bakar nih di sebelah, cuma belum buka.
I
: Enaknya jd tukang martabak apa sih?
TM
: Banyak duitnya, serius. Hehe.
I
: Emang sehari bersihnya berapa mas?
TM
: Pe go (Rp 150.000) lah
I
: Wih gila. Empat juta lebih dong sebulan?
TM
: Ya iya. Tapi gak kaya kaya. Malah kaya monyet.
I
: Enak ya, duitnya banyak.
TM
: Makanya besok jualan martabak, jangan wawancara.
I
: Haha. Eh, mas dulu belajar bikin martabak di mana?
TM
: Sama orang tua. Turun temurun kan.
I
: Sekarang orang tua jualan apa?
TM
: Soto. Martabak udah ditinggalin.
I
: Gak enaknya jadi tukang martabak apa sih? Kerja sampe tengah malem kali ya?
TM
: Ah biasa aja, itu kan udah biasa. Gak enaknya sepi.

Martabak Bogor. Dok: stephen71.multiply.comI : Di sini ada yang suka malak gak?TM : Ya enggak, orang di sini premannya saya.I : Haha.. serius nih…

 

TM : Paling listrik sehari 2 ribu.
I
: Petugas?
TM
: Bukan.
I
: Ini di pinggir jalan gini legal gak sih?
TM
: Legal.
I
: Ah masa?
TM
: Kalau ada gusuran kena. Itu paling setahun sekali.
I
: Kalau ada razia, udah bocor duluan kali ya?
TM
: Gak bocor duluan, emang dikasih tau.
I
: Wahaha. Kok bisa?
TM
: Di sini mah yang penting kuat uangnya.

2 Comments (+add yours?)

  1. Bogor
    Feb 14, 2012 @ 15:31:13

    anjir, mendingan jadi tukang martabak daripada jadi karyawan kalo 150rb sehari .

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: