Mampir ke Gedung 1 Abad

by: eP

Tampak depan Gedung Planologi Kementerian Kehutanan, pintu gerbang bergeser dari desain aslinya. Pada malam hari, gerbang ini tertutup oleh pedagang yang menggelar lapak sayuran.

Gedung Direktorat Jenderal Planologi Kementerian Kehutanan, yang terletak di Jln. Juanda No. 100 (persis di seberang pintu utama Kebun Raya Bogor), adalah salah satu bangunan peninggalan Belanda. Tahun ini, usianya menginjak satu abad (1912-2012). Bangunan peninggalan Belanda lainnya yang seusia adalah gedung yang juga diokupasi oleh Kementerian Kehutanan, yaitu Gedung Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam.

Sebuah relief yang menandakan tahun berdirinya gedung ini.

Gedung ini berbentuk huruf “O” dengan areal kosong di tengahnya. Plaza di tengahnya kini dimanfaatkan untuk lahan parkir.

Salah satu hal yang menarik dari gedung ini adalah hadirnya beragam gambar relief yang menggambarkan kegiatan di hutan. Mulai dari relief flora dan fauna yang ada di hutan, sampai kegiatan pengolahan hasil hutan. Semua tertuang dalam relief-relief di dinding gedung.

Sebuah relief di sisi tangga menggambarkan seorang juru ukur di masa lalu, lengkap dengan alat ukurnya.

Sebuah relief yang menggambarkan kehidupan di hutan

Relief hutan dan sungai menyambut pengunjung di sisi kanan pintu masuk.

Relief yang menggambarkan proses pengolahan hutan di sisi kiri pintu masuk gedung.

Sebenarnya, cukup banyak informasi mengenai gedung-gedung tua di Bogor yang bisa kita temukan di Internet. Namun tidak seperti bangunan lainnya, Gedung Planologi Kehutanan justru jarang diulas. Coba anda googling, maka yang muncul terbanyak di direktori pencarian adalah Istana Bogor, Hotel Salak the Heritage, Gedung Pertanahan, Gedung RRI Bogor, dan Museum Zoologi. Hampir tidak ada yang me-mention Gedung Planologi Kehutanan.Maka untuk tahu sejarahnya, mungkin kita harus mencari informasi lebih lanjut ke Dinas terkait di Kotamadya Bogor atau  ke Tourist Information Centre yang terletak di Taman Topi. Tapi, terlepas dari minimnya informasi mengenai gedung ini, tidak ada salahnya juga kita merayakan ulangtahunnya dengan berjalan-jalan melihat interior Gedung Planologi melalui foto-foto di artikel ini.

4 Comments (+add yours?)

  1. ikhsan
    Jan 12, 2012 @ 00:07:50

    keren, saya pernah masuk🙂

    Reply

  2. Iqbal
    Jan 19, 2012 @ 14:59:04

    pernah masuk dulu waktu wawancara pak wilistra kalo gak salah. kyk ada di bawah gedung yg mau rubuh.

    Reply

  3. Alex©
    Jan 29, 2012 @ 15:16:31

    Sejak beristrikan orang Bogor, bolak-balik ke sana antara Aceh dan Bogor PP (macam trayek truk saja:mrgreen: ), baru tahu ada gedung usia seabad itu. Padahal sudah sering lewat dan bahkan mampir di Kebun Raya. Hehe. Boleh cobalah ntar main-main ke situ😳

    Reply

  4. Anggi
    Apr 19, 2012 @ 13:45:01

    Waah udah lama ga ke sana, dulu sering diajak bapa ke sana berhubung beliau PNS di dephut. Ke sana biasanya ngambil jatah beras, karena dulu tunjangan makan PNS tuh bukan dalam bentuk uang, tapi beras.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: